|
SILABUS MATA
KULIAH
I. Identitas Mata Kuliah
Nama mata kuliah : Akhlak
Tasawuf
Kode mata kuliah : ST 108
Bobot sks :
2 sks
Nomor Mata Kuliah :
Semester :
II (dua)
Program studi : Manajemen Pendidikan Islam
Nama Dosen : Muhlil Musolin, SHI, MSI.
II. Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini mengkaji
beberapa pandangan akhlak dan tasawuf tentang: (1) Konsep dasar akhlak dan
tasawuf; (2) Metodologi Pemikiran Tasawuf; (3) Perkembangan pemikiran dalam
akhlak Islam;(4) Standar baik dan buruk berdasarkan ajaran Islam; (5) Konsep
tentang maqomat, ahwal, ittihad, dan hulul; (6) Perkembangan tasawuf dan
tarekat; (7) Perkembangan tasawuf dan tarekat di kalangan masyarakat Islam masa
kini; (8) Studi kritis terhadap aliran tasawuf dan tarekat.
III.
Tujuan Mata Kuliah
A.
Sikap (Value/Attitude) :
1.
Mahasiswa berlaku teliti, hati-hati dan jujur dalam berkehidupan
2.
Meningkatnya nilai-nilai kebaikan dalam bermasyarakat
3.
Meningkatnya hubungan dengan Sang Pencipta yang akhirnya berimplikasi
positif di tengah masyarakat umum
4.
Mahasiswa dapat dijadikan contoh (suri tauladan) di tengah-tengah
kampusnya, keluarga, dan masyarakat
B.
Pengetahuan (Knowladge) :
1.
Mahasiswa mampu memahami dan
menghayati klasifikasi akhlak terpuji dan akhlak tercela, sehingga dapat
menimbulkan sikap hidup yang lebih baik, baik hubungannya dengan Sang Khalik
maupun dengan sesama manusia
2.
Mahasiswa mampu memahami
metodologi pemikiran tasawuf, konsep maqomat, dan ahwal,konsep ittihad dan
hulul.
3.
Mahasiswa dapat menyebutkan
perbedaan; akhlak, moral, dan etika, tasawuf dan tarekat maqomat dan ahwal,
konsep ittihad dan hulul
4.
Mahasiswa dapat menjelaskan
perkembangan tasawuf dan tarekat di kalangan masyarakat Islam masa kini
C.
Keterampilan :
1.
Mahasiswa mampu menerapkan
akhlak terpuji dalam kehidupan bermasyarakat
2.
Mahasiswa mampu memilah dan
memilih sikap terpuji dalam berhadapan dengan berbagai elemen masyarakat
3.
Mahasiswa dapat dengan segera
mengkaitkan persoalan kehidupan dengan konsep ketuhanan
IV.
Kompetensi dan Indikator
Pencapain
1.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami tentang
tema-tema penting dalam materi Ushul Fiqh.
2.
Indikator
Pencapaian
Setelah perkuliahan selesai:
F Mahasiswa mengetahui secara global kajian mata kuliah
Akhlak Tasawuf.
F Mahasiswa
dapat memahami Akhlak Tasawuf tidak hanya pada sisi praktisnya tetapi lebih
dari itu mereka mengetahui dari sisi metodologi dan pelaksanaannya.
V.
Jadwal dan Topik Perkualian
No
|
Pertemuan Ke
(Tanggal)
|
Topik Bahasan dan Sub
Topik Bahasan
|
1
|
I
|
Kontrak belajar &
penjelasan silabus keseluruhan
|
2
|
II
|
Pengertian akhlak, moral,
dan etika
|
3
|
III
|
Sumber ajaran akhlak
|
4
|
IV
|
Standar baik dan buruk
berdasarkan ajaran akhlak, moral, dan etika
|
5
|
V
|
Perkembangan Pemikiran
dalam Akhlak Islam
|
6
|
VI
|
Ajaran Tasawuf;
Pengertian Sejarah munculnya
|
7
|
VII
|
Dalil Tentang Tasawuf
|
8
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER [UTS]
|
|
9
|
VIII
|
Maqomat dan Ahwal
|
10
|
IX
|
Konsep tentang Ittihad
dan Hulul
|
11
|
X
|
Tasawuf di Indonesia;
Sejarah dan tokoh-tokohnya
|
12
|
XI
|
Aliran-aliran
Tasawuf
|
13
|
XII
|
|
14
|
XIII
|
Tarekat di Indonesia
|
15
|
XIV
|
Studi Kritis Aliranaliran
tarekat yang berkembang masa kini
|
16
|
UJIAN
AKHIR SEMESTER [ UAS ]
|
VI. Referensi
1.
A. E. Afifi. Filsafat Mistis Ibnu
‘Arabi, Jakarta: Radar Jaya, 2009
2.
Abdul Karim As-Salawy, Titik
Persimpangan tasawuf dan Kebatinan, Pekalongan:TB Bahagia, 2006
3.
Haidar Bagir, Buku Saku Tasawuf,
Bandung: Mizan Media Utama, 2005
4.
Hawash Abdullah, Perkembangan
Ilmu Tasawuf dan Tokoh-tokohnya di Nusantara, Surabaya: Al-Ikhlas, 1980
5.
H.M. Jamil, Akhlak Tasawuf,
Ciputat: Referensi, 2013
6.
Ibrohim Hilal, Tasawuf antara Agama
dan Filsafat, Bandung: Pustaka Hidayah, 2011
7.
Imam Al-Ghozali, Mukasyafah
al-Qulub, Bandung: Marja’, 2003
8.
M. Solihin, Sejarah dan Pemikiran
tasawuf di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia, 2001
9.
Martin Van Bruinessen, Tarekat
Naqsyabandiyah di Indonesia, Bandung: Mizan, 1996
10.
Mohammad Ali Aziz, Tasawuf dan
Jalan Hidup Para wali, Surabaya: Bintang Usaha Jaya, 2000
11.
Mohammad Damami, Tasawuf Positif:
Fajar Pustaka, tt
12.
Muhammad Fauqi Hijaj,
Manunggaling Kawula Gusti, Yogyakarta: Narasai, 2011
13.
Muhammad Taqi’ Ja’fari, Mengenal
Tasawuf Positif Sebuah Pengantar, tt, Nurul huda, 2011
14.
Nurul Imamah, Tasawuf Jalan yang
Sesungguhnya, Makassar: Arus timur, 2013
15.
Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf,
Jakarta: Raja Grafindo Persada,2000
16.
Rosihon Anwar & Mukhtar
Solihin, Aqidah Akhlak, Bandung: Pustaka Setia, 2008
17.
Rosihon Anwar, Akhlak Tasawuf,
Bandung: Pustaka Setia, 2010
18.
Sukardi, Kuliah-kuliah Tasawuf,
Bandung: Pustaka Hidayah
19.
Sumanta, Manusia sempurna;
Konsepsi Al-Insan al-kamil dalam Tasawuf al-Jilli, Yogyakarta: Sajadah Press,
2009
20.
Titus Burckart, Mengenal Ajaran
Kaum Sufi, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1984
21.
Wahyudin, Akhlak Tasawuf,
Jakarta: Kalam Mulia, 2001
22.
A. Mustofa, Ilmu Tasawuf,
Bandung: Pustaka Setia, 2007
23.
Labib, Memahami Ajaran Tasawuf,
Bintang Usaha Jaya, 2001
24.
Buku-buku lain yang berkaitan
VII. Norma Penilaian
a.
Penentuan Komponen dan Bobot Penilaian
NO
|
KOMPONEN
|
BOBOT
|
PERUBAHAN
|
1
|
PRESENSI KEHADIRAN
|
15%
|
|
2
|
TUGAS
|
10%
|
|
3
|
PARTISIPASI DI KELAS
|
10%
|
|
4
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
25%
|
|
5
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
40%
|
|
|
TOTAL
|
100%
|
|
b. Sistem
Penilaian
Sistem perhitungan Nilai
dapat menggunakan :
PAP [Penilaian Acuan Patokan] adalah penilaian dengan menggunakan standar nilai
fakultas/jurusan bersifat absolut atau mutlak
Catatan :
1.
Komponen Penilaian, bobot dan prosedur penilai ini sebagai tawaran
kepada mahasiswa. Penentuan komponen Penilaian, bobot dan prosedur penilaian
merupakan kesepakan dengan mahasiswa kecuali UTS dan UAS.
2.
Kesepakatan tentang kehadiran, cara berpakaian, ujian, dll dengan
mahasiswa.
3.
Pengisian Tanggal pertemuan disesuaikan dengan Kaldik.
VIII. Strategi Pembelajaran
Kegiatan perkuliahan,
lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual
learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang
dipelajari. Untuk itu, “alternatif
strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut : [1]
Interactive lecturing, [2] Active Debate, [3] Student-Created Case
Studies, [4] Small Group Discusion, [5] SQ3R dilanjutkan dengan Active Debate, [6] Point-Counterpoint,
[7]
Studi kritis, [8] SQ3R digabungkan Rolling Cognitive,
[9] Strategi Belajar “Memilah dan Memilih Kartu” [Card sort], dan [10] strategi lain,
disesuaikan materi dan kesepakatan dengan mahasiswa.
Strategi
pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode
serta kesepakatan dengan mahasiswa.
Disahkan
|
Diperiksa
|
Disiapkan
|
Tanggal:
|
Tanggal:
|
Tanggal: 2019
|
UPM,
Anwar
Ma’rufi, SHI, M. Ud.
NIDN.
2128118502
|
Ketua Prodi Perbankan
Syariah
Miftahurrahman, SHI, MSI.
NIDN. 2106118401
|
Dosen Pengampu
Mata Kuliah,
Muhlil Musolin, SHI.
NIDN. 2111028001
|
0 komentar:
Post a Comment