SILABUS MATA KULIAH
I.
Identitas Mata Kuliah
Nama mata kuliah : Ekonomi Perkoperasian
Kode mata kuliah : MUH 122B
Bobot sks : 2 sks
Semester : IV
Prasyarat :
Jurusan/Prodi : Syariah/Muamalah
Nama Dosen : Muhlil Musolin, SHI.
II.
Deskripsi Matakuliah
Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan
hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasar prinsip koperasi,
sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan.
III.
Tujuan Mata
Kuliah
Mahasiswa mengetahui dan memahami liku-liku ekonomi, khususnya di bidang
koperasi sehingga memiliki bekal teori setelah terjun ke masyarakat di mana
Indonesia meletakkan Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Nasional yang
menjadi wadah untuk mewujudkan perekonomian secara kekeluargaan.
IV.
Kompetensi dan
Indikator Pencapain
1.
Kompetensi Dasar
a.
Mahasiswa
memahami konsep-konsep Koperasi
b.
Mahasiswa
mengetahui jaringan konsep Koperasi
2.
Indikator Pencapaian
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan
konsep Koperasi
b.
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan
jaringan konsep Koperasi
c.
Mahasiswa
mengerti dan mampu memutuskan kebenaran suatu putusan tatanan ekonomi karena
selaras dengan konsep Koperasi
No.
|
Pertemuan Ke
|
Tema
|
|
1
|
I
|
Kontrak Belajar dan Pendahuluan Kuliah
|
|
2
|
II
|
Pengertian Koperasi, Latar Belakang dan Sejarah
Timbulnya Gerakan Koperasi Dunia;
|
|
3
|
III
|
Gerakan Koperasi di Indonesia
|
|
4
|
IV
|
Tujuan, Azas dan Landasan Koperasi
|
|
5
|
V
|
Fungsi dan Peran Koperasi
|
|
6
|
VI
|
Prosedur pendirian koperasi
|
|
7
|
VII
|
Struktur Organisasi Koperasi,
|
|
8
|
UJIAN TENGAH SEMESTER [UTS]
|
|
|
9
|
VIII
|
Managemant Koperasi
|
|
10
|
IX
|
Jenis-jenis usaha koperasi
|
|
11
|
X
|
Pembagian SHU dan Pembubaran Koperasi
|
|
12
|
XI
|
Jenis-jenis dan tingkat Koperasi
|
|
13
|
XII
|
Ketentuan-ketentuan Pokok Koperasi Indonesia
|
|
14
|
XIII
|
Tantangan
Pengembangan Koperasi di Masa Depan
|
|
15
|
XIV
|
Koperasi dalam pandangan Hukum Islam
|
|
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER [UAS]
|
VI.
Referensi
1.
Limbong, Bernhard, Pengusaha
Koperasi: Memperkokoh Fondasi
Ekonomi Rakyat, Penerbit Margaretha
Pustaka, Cetakan Pertama, Jakarta: Maret 2012.
2.
Partomo, Tiktik Sartika dan Soejoedono, Abd Rachman, Ekonomi Skala
Kecil/Menengah & Koperasi, Penerbit
PT Ghalia Indonesia,
Cetakan Pertama, Bogor:
September 2002.
3.
Ropke, Jochen, Ekonomi Koperasi: Teori dan Manajemen, Diterjemahkan Sri
Djatnika S, Penerbit Graha Ilmu, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Yogyakarta:
2012.
4.
S, Burhanuddin, Prosedur
Mendirikan Koperasi, Penerbit
Pustaka Yustisia, Cetakan Pertama, Yogyakarta: 2010.
5.
Sudarsono dan Edilius,
Koperasi dalam Teori
dan Praktik, Penerbit
PT Rineka Cipta, Cetakan ke-5, Jakarta: April 2010.
6.
W, Andjar Pachta;
Bachtiar, Myra Rosana; Benemay, Nadia Maulisa, Hukum Koperasi Indonesia: Pemahaman,
Regulasi, Pendirian dan Modal Usaha,
Badan Penerbit Fakultas Hukum
UI bekerjasama dengan
Kencana, Edisi Pertama,
Cetakan ke-3, Jakarta: September
2008.
7.
Widiati, Wiwik, Manajemen Koperasi,
Penerbit PT Rineka
Cipta, Cetakan Kesepuluh, Jakarta: Maret 2010
VII.
Norma Penilaian
a.
Penentuan Komponen dan Bobot Penilaian
NO
|
KOMPONEN
|
BOBOT
|
PERUBAHAN
|
1
|
PRESENSI KEHADIRAN
|
15%
|
|
2
|
TUGAS
|
10%
|
|
3
|
PARTISIPASI DI KELAS
|
10%
|
|
4
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
25%
|
|
5
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
40%
|
|
|
TOTAL
|
100%
|
|
b. Sistem Penilaian
Sistem perhitungan Nilai dapat menggunakan :
PAP
[Penilaian Acuan Patokan] adalah
penilaian dengan menggunakan standar nilai fakultas/jurusan bersifat
absolut atau mutlak
Catatan :
1.
Komponen Penilaian, bobot
dan prosedur penilai ini sebagai tawaran kepada mahasiswa. Penentuan komponen Penilaian, bobot dan prosedur
penilaian merupakan kesepakan dengan mahasiswa kecuali UTS dan UAS.
2.
Kesepakatan tentang kehadiran, cara berpakaian, ujian,
dll dengan mahasiswa.
3.
Pengisian Tanggal pertemuan disesuaikan dengan Kaldik.
VIII.
Strategi Pembelajaran
Kegiatan perkuliahan, lebih banyak didasarkan pada collaborative
learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan
sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang
digunakan di antaranya sebagai berikut : [1] Interactive lecturing, [2]
Active Debate, [3] Student-Created Case Studies, [4] Small Group Discusion, [5] SQ3R dilanjutkan dengan Active Debate, [6] Point-Counterpoint,
[7]
Studi kritis, [8] SQ3R digabungkan Rolling Cognitive, [9] Strategi Belajar “Memilah dan
Memilih Kartu” [Card sort], dan [10] strategi lain, disesuaikan materi dan kesepakatan
dengan mahasiswa.
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan
perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.
Disahkan oleh
|
Diperiksa oleh
|
Disiapkan oleh......................
|
Tanggal:
|
Tanggal:
|
Tanggal:
|
Puket I Bid. Akademik,
Akhmad Muhaini,
SHI, MSI.
NIPY.070010221
|
Ketua Jurusan,
Muhajir, SHI,
MSI.
NIPY.070010251
|
Dosen Pengampu
Mata Kuliah,
Muhlil Musolin, SHI.
NIPY. 070100256
|
0 komentar:
Post a Comment