LOKER OTOMOTIF

Saturday, August 17, 2019

Silabus Mata Kuliah Qawaid Fiqhiyah


SILABUS MATA  KULIAH
A.      Identitas Mata  Kuliah
Nama mata kuliah              : Qawaid Fiqhiyah
Kode mata kuliah              : -
Bobot sks                           : 2 sks
Nomor Mata Kuliah          :
Semester                            : IV (dua)
Program studi                    : Akhwalus Syaksiyah
Nama Dosen                      : -
B.       Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang kaidah-kaidah fikih, baik kaidah yang bersifat dasar, umum, ataupun khusus. Mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mampu memahami peta besar dan perincian masing-masing kaedah beserta peranti pendukungnya sehingga bisa diaplikasikan dalam menjawab persoalan-persoalan praktis fiqhiyah yang dihadapi. Secara lebih khusus, mata kuliah ini diformulasikan untuk memberikan bekal dalam konteks hukum keluarga Islam sesuai dengan kompetensi prodi.
C.  Tujuan Mata Kuliah
Mahasiswa mampu memahami berbagai konsep dasar Qawaid Fiqhiyah yang berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat sebagai rahmatan lil alamin
D.  Kompetensi dan Indikator Pencapain
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan agar Mahasiswa dapat memahami:
1.    Mahasiswa dapat menghafal,  memahami, mendeskripsikan, dan menerapkan kaidah dalam muamalah.
2.    Mahasiswa dapat menghafal,  memahami, mendeskripsikan, dan menerapkan kaidah dalam skala prioritas.

E.   Jadwal  dan Topik Perkualian
No
Pertemuan Ke
(Tanggal)
Topik Bahasan dan Sub Topik Bahasan
1
I
Pengantar Perkuliahan, Kontrak Kuliah, dll.
2
II
Mengenal Qawaid Fiqhiyah
3
III
Sejarah Qawaid Fiqhiyah
4
IV
Urgensitas Qawaid Fiqhiyah
5
V
Kaedah Kulliyyah Kubro Pertama, Al-Umûru Bi Maqâshidiha
6
VI
Kaedah Kulliyyah Kubro Kedua, al-Yaqîn Lâ Yuzâlu bi as-Syakk
7
VII
Kaidah Kulliyyah Kubro Ketiga, Al-Masyaqqah Tajlibut Taysîr
8
UJIAN TENGAH SEMESTER [UTS]
9
VIII
Kaidah Kulliyyah Kubro Keempat, Ad-dhararu Yuzâlu
10
IX
Kaidah Kulliyyah Kubro Kelima, al-‘Adatu Muhakkamah
11
X
Kaidah-Kaidah Kulliyah Sughro
12
XI
Kaidah Khusus dalam Ibadah Mahdhah
13
XII
Kaidah Khusus dalam Hukum Keluarga Islam
14
XIII
Kaidah Khusus dalam Hukum Acara
15
XIV
Kaidah Khusus dalam Skala Prioritas
16
UJIAN AKHIR SEMESTER  [ UAS ]
F.   Referensi
1.     Tim Kakilima, Formulasi Nalar Fikih, Lirboyo: Kediri.
2.     Syarah Faraid Bahiyyah
3.     Abdul Hamid Hakim, Mabadi Awwaliyah
4.     As-Suyuthi, Asybah wa an-Nadzair,
5.     A. Sudirman Abbas, Qawaid Fiqhiyah dalam Perspektif Fikih
6.     Jaih Mubarak, Kaidah Fiqh, Sejarah dan Kaidah Asasi.
7.     Mukhlis Usman, Kaidah-Kaidah Ushuliyah dan Fiqhiyyah.
8.     Imam Mustakim, Qawaid al-Fiqhiyyah.
9.     An-Nadwi, Al-Qawaidul Fiqhiyyah.
10. Tajuddin As-Subki, Asybah wan Nadzair,
11. Muhammad Ar-Rizqa, Syarah Qawaid Fiqhiyah.
12. Abdul Hamid Hakim, Mabadi Awwaliyah (Terjemah Indonesia),
13. Syeikh Ali Wenis, Talkhis Qawaid Fiqhiyah.
14. Abdurrahman, Idhah Dalail fi al-Farq Bayn al-Masail.
15. Rasyid Mudur, Qawaid Fiqh Mazhab Maliki.
16. Abu Husain, Tajrid Mausuah Qawaid Fiqhiyah Muqaranah
17. Az-Zamil, Syarah Qawaid As-Sa'dy.
18. An-Nadwa, Qawaid Fiqhiyah.
19. Az-Zarkasyi, Al-Mansyur,
20. Abu Ashim, Mashadir Fiqh Maliki.
21. Abu Haris Al-Ghazi, Al-Wajiz fi Qawaid Fiqhiyah.
22. Abu Al-Faraj, Al-Qawaid al-Fiqhiyah.
23. Al-Waily, Qawaid Fiqh, Tarikh, wa atsar fil Fiqh (sejarah Qawaid Fiqhiyah)
24. Al-Hasyimi, Qawaid Dhawabith Fiqhiyah. (dlabit fiqh)
25. Ali Jumah, Qawaid Fiqhiyah Muyassarah (edisi simpel).
26. Matan Nazam Faraid Bahiyyah (edisi klasik).
G.  Norma Penilaian
a.     Penentuan Komponen dan Bobot Penilaian
NO
KOMPONEN
BOBOT

PERUBAHAN
1

PRESENSI KEHADIRAN

15%

2

TUGAS

10%

3

PARTISIPASI DI KELAS

 10%

4

UJIAN TENGAH SEMESTER

25%

5

UJIAN AKHIR SEMESTER 

40%


TOTAL

    100%

b.    Sistem Penilaian
Sistem perhitungan Nilai dapat menggunakan :
PAP  [Penilaian Acuan Patokan] adalah  penilaian dengan menggunakan standar nilai fakultas/jurusan bersifat absolut atau mutlak
Catatan :
1.        Komponen Penilaian, bobot dan prosedur penilai ini sebagai tawaran kepada mahasiswa. Penentuan komponen Penilaian, bobot dan prosedur penilaian merupakan kesepakan dengan mahasiswa kecuali UTS dan UAS.
2.        Kesepakatan tentang kehadiran, cara berpakaian, ujian, dll dengan mahasiswa.
3.        Pengisian Tanggal pertemuan disesuaikan dengan Kaldik.

H.  Strategi Pembelajaran
Kegiatan perkuliahan, lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut : [1] Interactive lecturing, [2] Active Debate, [3] Student-Created Case Studies, [4] Small Group Discusion,  [5] SQ3R dilanjutkan dengan Active Debate, [6] Point-Counterpoint, [7] Studi kritis, [8] SQ3R digabungkan Rolling Cognitive, [9] Strategi Belajar “Memilah dan Memilih Kartu” [Card sort], dan [10] strategi lain, disesuaikan materi dan kesepakatan dengan mahasiswa.
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.

Disahkan
Diperiksa
Disiapkan
Tanggal:
Tanggal:
Tanggal:                       
UPM,



Anwar Ma’rufi, SHI, M. Ud.
NIDN. 2128118502
Ketua Prodi




Muhamad Mustahal, Lc, MIS.
NIDN. 2106118401
Dosen Pengampu
Mata Kuliah,






0 komentar: