LOKER OTOMOTIF

Saturday, August 17, 2019

Silabus Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam


SILABUS MATA  KULIAH
I.       Identitas Mata  Kuliah
       Nama mata kuliah            : Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam
Kode mata kuliah            : SYR 206
Bobot sks                         : 2 sks
Nomor Mata Kuliah         : -
Semester                           : IV (Empat)
Prasyarat                          : -
Program studi                   : HES/Syariah.
Nama Dosen                    : Muhlil Musolin, SHI., MSI.
II.        Deskripsi Matakuliah
Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam adalah mata kuliah keahlian yang harus di ambil oleh setiap mahasiswa Mata kuliah tersebut diberikan utamanya kepada mahasiswa semester empat dengan bobot 2 (dua) SKS sebagai pengayaan bekal pengetahuan model penelitian sosiologi dan antropologi hukum Islam.
III.     Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memahami tentang konsep-konsep dasar sosiologi, teori sosiologi dan antropologi Hukum Islam, Metode metode pendekatan Sosiologi dan antropologi, Perbedaan Sosiologi dan Antropologi dan praktek penelitian pendekatan sosiologi dan antropologi.
IV.     Kompetensi dan Indikator Pencapain
1.         Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami tentang tema-tema penting dalam materi Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam.
2.         Indikator Pencapaian
Setelah perkuliahan selesai mahasiswa dapat :
F Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan persoalan-persoalan yang terkait dengan Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam.
F Mahasiswa dapat mengetahui dan mepraktekkan Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam.

V.    Jadwal  dan Topik Perkualian
No
Pertemuan Ke
(Tanggal)
Topik Bahasan dan Sub Topik Bahasan
1
I
Orientasi perkuliahan dengan menjelaskan tentang silabi perkuliahan mata kuliah sosiologi dan Antropologi Hukum Islam
2
II
Makna, Azaz dan ruang lingkup Sosiologi
3
III
Makna, Azaz dan ruang lingkup Antropologi
4
IV
Perbedaan Sosiologi dan Antropologi
5
V
Metode metode pendekatan Sosiologi
6
VI
Metode metode pendekatan Antropologi
7
VII
Metode metode pendekatan Sosiologi dan Antropologi Agama
8
UJIAN TENGAH SEMESTER [UTS]
9
XIII
Perubahan Tradisi Keagamaan dalam pandangan Antropologi
10
IX
Hukum Islam membentuk kehidupan sosial
11
X
Pandangan antropologi Agama dalam tradisi Maulidan
12
XI
Pandangan antropologi Agama dalam tradisi Perkawinan
13
XII
Sosiologi Agama dalam Tradisi Slamatan kematian
14
XIII
Upaya membangun masa depan berdasarkan Ilmu Antropologi
15
XIV
Ilmu sosiologi dalam upaya membangun masa depan
16

JIAN AKHIR SEMESTER  [ UAS ]
VI. Referensi
1.      Razak, Yusron,  & Ervan Nurtawab, 2007, Antropologi Agama, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dan UIN Jakarta Press;
2.      Koentjaraningrat, 2013, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta;
3.      Jalaluddin, 2007, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Rajagrafindo Perasada;
4.      Bambang Syamsul Arifin, 2008, Psikologi Agama, Bandung: Pustaka Setia;
5.      Bustanuddin Agus, 2006, Agama Dalam Kehidupan Manusia: Pengantar Antropologi Agama, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada;
6.      U. Maman dkk, 2006, Metodelogi Penelitian Agama: Teori dan Praktik, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada,
7.      Sudjangi (Penyunting) 1991/1992, Agama dan Masyarakat, Jakarta: Departemen Agama RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Masyarakat.
8.      Zainal Abidin, 2003, Sosiosphologi, Bandung: CV. Pustaka Setia,
9.      Muhammad Iqbal, 1966, Membangun kembali Pikiran Agama dalam Islam, Djakarta: Tinta Mas
10.  Geoger Ritzer, 2009, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, (Jakarta: RajaGrafindo Persada
11.  Zamroni, 1992, Pengantar Pengembangan teori Sosial, Yogyakarta, Tiara Wacana, ,
12.  Nur Syam, 2005, Bukan Dunia Berbeda; Sosiologi Komunitas Islam, Surabaya, Pustaka Eurika.
VII.      Norma Penilaian
a. Penentuan Komponen dan Bobot Penilaian         
NO
KOMPONEN
BOBOT
PERUBAHAN
1

PRESENSI KEHADIRAN

15%

2

TUGAS

10%

3

PARTISIPASI DI KELAS

 5%

4

UJIAN TENGAH SEMESTER

25%

5

UJIAN AKHIR SEMESTER 

40%


TOTAL

    100%

b.    Sistem Penilaian
Sistem perhitungan Nilai dapat menggunakan :
PAP  [Penilaian Acuan Patokan] adalah  penilaian dengan menggunakan standar nilai fakultas/jurusan bersifat absolut atau mutlak
Catatan :
1.        Komponen Penilaian, bobot dan prosedur penilai ini sebagai tawaran kepada mahasiswa. Penentuan komponen Penilaian, bobot dan prosedur penilaian merupakan kesepakan dengan mahasiswa kecuali UTS dan UAS.
2.        Kesepakatan tentang kehadiran, cara berpakaian, ujian, dll dengan mahasiswa.
3.        Pengisian Tanggal pertemuan disesuaikan dengan Kaldik.
VIII.       Strategi Pembelajaran
Kegiatan perkuliahan, lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut : [1] Interactive lecturing, [2] Active Debate, [3] Student-Created Case Studies, [4] Small Group Discusion,  [5] SQ3R dilanjutkan dengan Active Debate, [6] Point-Counterpoint, [7] Studi kritis, [8] SQ3R digabungkan Rolling Cognitive, [9] Strategi Belajar “Memilah dan Memilih Kartu” [Card sort], dan [10] strategi lain, disesuaikan materi dan kesepakatan dengan mahasiswa.
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.
Disahkan oleh
Diperiksa oleh
Disiapkan oleh
Tanggal:
Tanggal:
Tanggal:                     2019
UPM,



Anwar Ma’rufi, SHI, M. Ud.
NIDN. 2128118502
Ketua Prodi HES,



Muhajir, SHI, MSI.
NIDN. 2127028101
Dosen Pengampu
Mata Kuliah,


Muhlil Musolin, SHI.
NIDN. 2111028001

0 komentar: