SILABUS MATA KULIAH
I.
Identitas
Mata Kuliah
Nama mata kuliah : Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam
Kode mata kuliah : SYR 206
Bobot sks :
2 sks
Nomor Mata Kuliah : -
Semester :
IV (Empat)
Prasyarat :
-
Program studi :
HES/Syariah.
Nama Dosen : Muhlil Musolin, SHI., MSI.
II.
Deskripsi Matakuliah
Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam adalah mata kuliah
keahlian yang harus di ambil oleh setiap mahasiswa Mata kuliah tersebut
diberikan utamanya kepada mahasiswa semester empat dengan bobot 2 (dua) SKS
sebagai pengayaan bekal pengetahuan model penelitian sosiologi dan antropologi
hukum Islam.
III.
Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memahami
tentang konsep-konsep dasar sosiologi, teori sosiologi dan antropologi Hukum
Islam, Metode metode pendekatan Sosiologi dan antropologi, Perbedaan Sosiologi
dan Antropologi dan praktek penelitian pendekatan sosiologi dan antropologi.
IV.
Kompetensi dan Indikator Pencapain
1.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami tentang tema-tema penting dalam materi
Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam.
2.
Indikator Pencapaian
Setelah perkuliahan selesai mahasiswa
dapat :
F Mahasiswa dapat mengetahui dan
menjelaskan persoalan-persoalan yang terkait dengan Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam.
F Mahasiswa dapat mengetahui dan
mepraktekkan Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam.
V.
Jadwal dan Topik
Perkualian
No
|
Pertemuan Ke
(Tanggal)
|
Topik
Bahasan dan Sub Topik Bahasan
|
1
|
I
|
Orientasi perkuliahan dengan menjelaskan tentang
silabi perkuliahan mata kuliah sosiologi dan Antropologi Hukum Islam
|
2
|
II
|
Makna, Azaz dan ruang lingkup Sosiologi
|
3
|
III
|
Makna, Azaz
dan ruang lingkup Antropologi
|
4
|
IV
|
Perbedaan
Sosiologi dan Antropologi
|
5
|
V
|
Metode metode
pendekatan Sosiologi
|
6
|
VI
|
Metode metode
pendekatan Antropologi
|
7
|
VII
|
Metode metode
pendekatan Sosiologi dan Antropologi Agama
|
8
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER [UTS]
|
|
9
|
XIII
|
Perubahan
Tradisi Keagamaan dalam pandangan Antropologi
|
10
|
IX
|
Hukum Islam
membentuk kehidupan sosial
|
11
|
X
|
Pandangan
antropologi Agama dalam tradisi Maulidan
|
12
|
XI
|
Pandangan
antropologi Agama dalam tradisi Perkawinan
|
13
|
XII
|
Sosiologi
Agama dalam Tradisi Slamatan kematian
|
14
|
XIII
|
Upaya
membangun masa depan berdasarkan Ilmu Antropologi
|
15
|
XIV
|
Ilmu sosiologi
dalam upaya membangun masa depan
|
16
|
|
JIAN AKHIR SEMESTER [ UAS ]
|
VI. Referensi
1.
Razak, Yusron, & Ervan
Nurtawab, 2007, Antropologi Agama, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dan
UIN Jakarta Press;
2.
Koentjaraningrat, 2013, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka
Cipta;
3.
Jalaluddin, 2007, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Rajagrafindo Perasada;
4.
Bambang Syamsul Arifin, 2008, Psikologi Agama, Bandung: Pustaka Setia;
5.
Bustanuddin Agus, 2006, Agama Dalam Kehidupan Manusia: Pengantar
Antropologi Agama, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada;
6.
U. Maman dkk, 2006, Metodelogi Penelitian Agama: Teori dan Praktik,
Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada,
7.
Sudjangi (Penyunting) 1991/1992, Agama dan Masyarakat, Jakarta:
Departemen Agama RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Masyarakat.
8.
Zainal Abidin, 2003, Sosiosphologi, Bandung: CV. Pustaka Setia,
9.
Muhammad Iqbal, 1966, Membangun kembali Pikiran Agama dalam Islam,
Djakarta: Tinta Mas
10.
Geoger Ritzer, 2009, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda,
(Jakarta: RajaGrafindo Persada
11.
Zamroni, 1992, Pengantar Pengembangan teori Sosial, Yogyakarta, Tiara
Wacana, ,
12.
Nur Syam, 2005, Bukan Dunia Berbeda; Sosiologi Komunitas Islam,
Surabaya, Pustaka Eurika.
VII. Norma Penilaian
a. Penentuan
Komponen dan Bobot Penilaian
NO
|
KOMPONEN
|
BOBOT
|
PERUBAHAN
|
1
|
PRESENSI KEHADIRAN
|
15%
|
|
2
|
TUGAS
|
10%
|
|
3
|
PARTISIPASI DI KELAS
|
5%
|
|
4
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
25%
|
|
5
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
40%
|
|
|
TOTAL
|
100%
|
|
b.
Sistem Penilaian
Sistem perhitungan Nilai dapat menggunakan :
PAP [Penilaian
Acuan Patokan] adalah penilaian dengan
menggunakan standar nilai fakultas/jurusan bersifat absolut atau mutlak
Catatan :
1.
Komponen Penilaian, bobot dan
prosedur penilai ini sebagai tawaran kepada mahasiswa. Penentuan komponen
Penilaian, bobot dan prosedur penilaian merupakan kesepakan dengan mahasiswa
kecuali UTS dan UAS.
2.
Kesepakatan tentang kehadiran,
cara berpakaian, ujian, dll dengan mahasiswa.
3.
Pengisian Tanggal pertemuan
disesuaikan dengan Kaldik.
VIII. Strategi
Pembelajaran
Kegiatan perkuliahan,
lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual
learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang
dipelajari. Untuk itu, “alternatif
strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut : [1]
Interactive lecturing, [2] Active Debate, [3] Student-Created Case
Studies, [4] Small Group Discusion, [5] SQ3R dilanjutkan dengan Active Debate, [6] Point-Counterpoint,
[7]
Studi kritis, [8] SQ3R digabungkan Rolling Cognitive,
[9] Strategi Belajar “Memilah dan Memilih Kartu” [Card sort], dan [10] strategi lain,
disesuaikan materi dan kesepakatan dengan mahasiswa.
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah
sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan
mahasiswa.
Disahkan oleh
|
Diperiksa oleh
|
Disiapkan oleh
|
Tanggal:
|
Tanggal:
|
Tanggal: 2019
|
UPM,
Anwar
Ma’rufi, SHI, M. Ud.
NIDN.
2128118502
|
Ketua Prodi HES,
Muhajir,
SHI, MSI.
NIDN. 2127028101
|
Dosen Pengampu
Mata Kuliah,
Muhlil Musolin, SHI.
NIDN. 2111028001
|
0 komentar:
Post a Comment